Surat Cinta Allah, Surah Ar-Ra’d ayat 11

Ada suatu penggalan dalam salah satu surat cinta Allah dalam surah ar-ra’d ayat 11 yg dapat kita jadikan suatu renungan yg artinya berbunyi: “sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yg ada pada diri mereka sendiri”.

Bicara tentang perubahan. Entah itu nasib atau sikap dan sifat. Jadi, seseorang itu dapat berubah karena 2 faktor, pertama karena orang lain dan kedua karena dirinya sendiri. Orang yg berubah karena orang lain, berarti mereka ingin menyeimbangkan antara diri mereka dengan orang lain. Menyatukan. Biar lebih klop. Ibarat kata lebih serasi. Tapi ini kadang tidak begitu valid, karena jika orang yg diikutinya sudah tidak bersamanya lagi, maka ia akan kembali ke sikap awalnya atau bahkan lebih buruk lagi. Sementara itu, orang yg berubah karena dirinya sendiri berarti orang yg sangat sadar diri. Entah sadar karena banyak kekurangan dalam dirinya atau apapun itu. Yang jelas suatu keinginan besar ingin berubah itu berasal dari hati bukan paksaan. Seperti yg saya katakan sebelumnya, seseorang itu dalam melakukan hal apapun tidak dapat dengan paksaan tetapi harus berasal dari hati mereka sendiri. Karena sesuatu yg dilakukan dengan paksaan hasilnya tidak akan maximal. Berbeda dengan yg dari hati yg hasilnya cenderung membuat puas dan bangga. walaupun tak seberapa, tetapi murni dari hati. Sehingga terlihat lebih natural bukan tertekan baik mental maupun batin. Kelihatan kok bedanya. Itu pasti. Coba deh diteliti. Teliti yg benar benar jeli. Bukan abal abalan. Jadi, seseorang itu bukan tidak bisa berubah. Tetapi belum berubah, belum ada faktor yg mendorongnya untuk berubah. Hanya saja, seseorang itu belum bisa berubah tetapi belum bisa mengendalikan dirinya sendiri. Sehingga, tergantung orang itu ingin berubah apa tidak. Berubah kearah mana. Arah yang lebih baik atau justru sebaliknya. Saya nulis ini, bukan tanggapan saya sendiri. Tetapi dari beberapa tanggapan teman teman dan atas dasar surat cinta Allah diatas, sehingga bukan murni pendapat saya. Saya hanya mencoba untuk menyimpulkan. Terimakasih sudah membaca. Aku harap jangan pernah bosan dengan ini. Mungkin ini tidak cocok menjadi status di sosial media. Tetapi, artikel lebih tepatnya.

Iklan

Setiap Moment Memiliki Makna

B612-2015-10-26-13-27-33

@KFC Mulawarman, Samarinda

hi ^^

lama banget yah amach gak up-date, bukan kenapa-napa kok, cuman mau ngetik panjang itu males banget rasanya. apalagi kalo udah ngadepin laptop banyak banget godaannya, nontonlah, downloadlah, mainlah, de el el deh pokoknya hihi ^^ cuman makin kesini aku inget aja ‘oh iya aku kan punya blog’ haha sempet lupa kalo sendirinya punya blog *maapkeun sayah~~~* ^^

setiap moment memiliki makna.

pasti. itu sudah pasti. bukan kebetulan, tapi memang sudah seperti itu.

bagi kalian yang sering ngumpul atau hang-out bareng teman-temen ataupun keluarga di luaran sana, entah untuk ketemuan doang, minum coffee, jalan bareng, nonton, nge-date bareng pacar, family time, selfie bareng, dsb. merupakan suatu moment yang suatu hari nanti akan sangat kita rindukan saat kita telah cukup berumur dan sudah tidak bersama dengan mereka lagi. karena itu, inilah alasan kenapa kita harus mengabadikan moment-moment tersebut, entah moment bahagia ataupun duka. karena setiap moment yang telah kita lalui dan jalani pasti memiliki makna.

makna terbesar saat hadirnya moment-moment tersebut ialah kebahagiaan. lebih tepatnya bahagia ketika bersama-sama. bahagia itu bukan orang lain. tapi diri kita sendiri. namun, bisa berbagi kepada sesama merupakan suatu kebahagiaan yang tak dapat tuk tergantikan. yang bisa membuat kita bahagia hanya diri kita sendiri, karena hanya kita yang tahu dan mengerti apa yang benar-benar membuat kita bahagia secara alami.

setiap moment memiliki makna.

makna terindah saat moment-moment tersebut dibuat ialah kebersamaan. karena yang namanya ‘kebersamaan’ itu sama halnya dengan ‘kesempatan’ yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya selagi mereka masih di sisi kita. kebersamaan itu indah. kenapa indah? kita bersama bukan hanya karena kita satu karakter dan satu watak, tapi yang namanya kebersamaan itu ialah berkumpulnya beberapa watak dan karakter yang berbeda-beda. karena perbedaan itulah yang membuat kita merasa cocok satu sama lain, bahkan saling melengkapi satu sama lain. karena perbedaan itu indah. ia diciptakan untuk menyempurnakan. persepsi saya, sempurna itu karena berbeda bukan setipe.

saat kita menciptakan suatu moment alangkah baiknya jika kita mengabadikannya. caranya? misalnya berfoto. karena foto adalah kenangan yang dapat kita lihat kembali saat kita tua nanti. *tentunya bukan foto selfi-nya yang dibanyakin yah, tapi foto saat berkumpul bersama hehe, karena kita semua gak akan tahu kapan waktu untuk kita akan berhenti dan kitapun berhenti untuk bernapas~~*^^

di atas udah liat sebuah foto kan? jangan nebak saya yang mana deh -_- hehe bukan mau ‘pamer’ tempat atau jenis makanannya sih hehe cuman mau nunjukkin sebuah moment kebersamaan kita yang bagi saya cukup bermakna. saat kita berkumpul bersama seperti itu, bukan apapun jenis makanannya yang penting sebenernya, ya walaupun kita juga perlu untuk makan sih cuman di atas ‘makan’ itu tadi kebersamaan adalah hal yang paling terpenting. kebersamaan tak akan bisa tergantikan oleh waktu. suatu waktu kita bisa berkumpul dengan orang-orang kelompok A, misalnya. beberapa tahun kemudian kita berkumpul juga dengan orang-orang kelompok B, dan beberapa tahun kemudian lagi kita berkumpul pula dengan orang-orang kelompok C. begitu seterusnya silih berganti. hidup kita setiap hari selalu menjadi hari yang baru, moment baru dan kenangan baru. di mana hari-hari yang telah berlalu tidak akan pernah terulang kembali. kita tidak pernah tahu, setelah kita berkumpul dengan orang-orang kelompok C dan seterusnya, apakah orang-orang dari kelompok A dan B masih hidup atau tidak? jika masih hidup kita masih berkesempatan untuk kembali mengulang kebersamaan seperti waktu yang telah berlalu. dan jika tidak maka kita hanya bisa mengingat kenangan bersama mereka. ingat ya, waktu akan terus berjalan. tidak akan pernah mundur kebelakang. ia akan terus maju kedepan. sampai tiba saatnya ia harus berhenti berputar. waktu memang tidak dapat kita ulang, tapi kebersamaan yang telah kita buat saat lalu, dapat kita buat lagi kini jika kita ingin, ya.. jika ingin…

so, sayangilah orang-orang yang saat ini masih setia berdiri di sampingmu, terus mendukungmu tanpa pernah mengenal kata lelah dan menyerah, yang membantumu dengan nafkah dan melindungimu dengan gagah. selagi mereka masih di sisi kita, buatlah moment yang indah, menarik dan penuh kenangan. ada banyak hal di dunia ini yang dapat kita jadikan sebuah moment. dan pastinya setiap moment memiliki makna… ^^